Jumat, 29 Juni 2012

Demokrasi Indonesia dan Barat


 Arti Demokrasi
          Istilah demokrasi berasal dari perkataan Yunani ”demokratia”,arti pokok:demos=rakyat;kratos=kekuatan;jadi kekuatan rakyat,atau suatu bentuk pemerintahan negara,dimana rakyat berpengaruh di atasnya,singkatnya pemerintahan rakyat.
Pengertian umum pada waktu sekarang ialah bahwa demokrasi itu diartikan sebagai perbandingan”separo+satu”,jadi golongan mana telah memperoleh suara paling sedikit separo+satu suara,maka menangla golongan ini atas golongan lain.cara demikian sudah dianggap berdasarkan demokrasi.
Timbullah sekarang pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:
1.Sapakah yang melaksanakan kekuasaan negara?
2.Bagaiman caranya melaksanakan kekuasaan negara?
3.Berapa banyak kekuasaan negara boleh dilaksanakan?
Menurut Hans Kelsen,pada dasarnya demokrasi itu adalah pemerintahan oleh rakyat dan untuk rakyat.
Dengan diterimanya uraian Kelsen tentang dasar demokrasi itu,maka kini dapatla dijawab pertanyaan-pertanyaan tersebut diatas sebagai berikut;
1.         Yang melaksanakan kekuasaan negara demokrasi ialah wakil-wakil rakyat yang dipilih,dimana rakyat yakin,bahwasegala kehendak dan kepentingannya akan diperhatikan di dalam melaksanakan kekuasaan negara itu;
2.         Cara melaksanakan kekuasaan negara demokrasi ialah senantiasa mengingat kehendak dan keinginan rakyat,jadi tiap-tiap tindakan dalam melaksanakan kekuasaan negara tidak bertentangan dengan kehendak dan kepentingan rakyat,bahwa sedapat mungkin berusaha untuk memenuhi kepentingankeinginan rakyat;
3.         Bnyak kekuasaan negara demokrasi yang boleh dilaksanakan tidaklah dapat ditentukan dengan angka-angka,akan tetapi sebanyak mungkin untuk memperoleh hasil yang diinginkan oleh rakyat,asal saja tidak menyimpang dari dasar-dasar pokok demokrasi.

Dalam negara demokrasi,golongan kecil yang kalah suara,jika tidak mau duduk dalam pemerintahan,maka mereka berhak untuk mengadakan koreksi sebagai golongan oposisi terhadap pemerintah,yaitu dari golongan yang lebih besar.dengan adanya kritik-kritik dari kaum oposisi terhadap cara melaksanakan pemerintahan dan kebijaksaan pemerintah itu,maka setelah diperhataiakanya,timbulllah suatu kompromi atau persesuaian pendapat untuk perbaikan kebijaksanaan pemerintah.
            Kompromi ini dalam demokrasi merupakan faktor penentu untuk demokrasi.disini ditunjukkan kelemahanya,akan tetapi ditunjukkan kekuataanya.kelemhannya,karena dengan kompromi usaha-usaha pemerintah terpaksa harus berhenti dahulu untuk mengadakan kompromoi itu;kekuatannya;karena dengan adanya kompromi itu,kehendak dan kepentingan rakyatgolongan kecil dapat ikut diperhatiakan,perhatian pemerintah mana terjadi lebih luas meliputi sabagian besar rakyat banyak,termasuk golongan kecil,tidak hanya untuk kepentingan golongan besar saja.
            Kebebasan untuk tiap-tiap manusia itu di atur oleh pemerintah.oleh karena itu ,demokrasi rakyat hanya dapat   dicapai,jika rakyat dengan perantaraan wakil-wakilnya yang dipercayakan mengatur  atau ikut mengatur ketenruan-ketentuan peraturan-peraturan pemerintah itu.
            sejak timbulnya kelas buruh pada abad ke-19,di samping demokrasai politik yaitu yang memperjuankan persamaan kebebasan bagi tiap-tiap manusia,timbul pula demokrasai ekonomi,yang memperjuangkan persamaan kehidupan sosial bagi tiap manusia.dengan demikian pada waktu sekarang ini arti demokrasi menjadi luas sekali,yaitu meliputi lapangan politik dan ekonomi.demokrasi sekarang memperoleh sifat kemsyarakatan umum.
            Demokrasai kerakyatan dari kaum komunis dapat di katakan meniggalakan pokok-pokok  intisari arti demokrasi asli,sebab:
1.         tidak diperhatikan kehendak dan kepentigan tiap manusia,di sini manusia-manusia golongan kapitalis tidak di perhatiakan kepentingganya,bahkan di tida dan dilenyapkan sama sekali.
2.         demokrasi disini dilaksanakan dengan cara paksaan menurut kehendak pemerintah komunis yang berkuasa.
            Demokrasi antara lain menghendaki vrijheid en gelijkheid  atau kemerdekaan dan persamaan.demokrasai materiil mewujudkan adanya isi negara tau taat negara.demokrasai formal mewujudkan bentuk negara.Revolusi Prancis 1789 menghasilkan demokrasai yang bersifat politis dan yuridis.
            Demokrasi berkembang  dan sekarang terdapat lima sifat demokrasi,jadi dua sifat demokrasi hasil Revolusi Prancis 1789 di tambah dengan tiga sifat lagi menurut Piagam PBB,sehingga menjadi:
1.demokrasi bersifat politik
2.demokrasi bersifat yuridis
3. demokrasi bersifat ekonomis
4. demokrasi bersifat sosialitis
5.demokrasi bersifat kultural

Macam-macam Demokrasi
Prof.logemann memberikan sumbangannya dengan membentangkan empat macam demokrasi sebagai berikut:
            Demokarasi sederhana,yaitu demokrasi yang terdapat di desa-desa.demokrasi mana berdasarkan gotong royong dan musyawarah.
Demokrasi Barat atau demokarasi liberal atau oleh kaum komunis disebut demokrasi kapitalis.yang dimaksud dengan demokrasi Barat ialah demokrasi yang dianut oleh negara-negara Eropa Barat dan Amerika.
            Demokrasi timur atau demokarasi rakyat.dengan ini dimaksudkan demokrasi yang dianut oleh negara-negara komunis seperti Rusia,RRC,dan lain-lain.
            Demokrasi tengah atau fasisme dan Nazisme,yang pernah dianut oleh italia dimasa Mussolini dan jerman dimasa Hitler.
            Dengan empat macam demokrasi  tersebut terdapat hubungan wijsgerige antropologi,oleh karena  demokrasi=demokrasai ini semuanya mempunyai tujuan yang sama,yaitu good life,yang lain ialah velvomakaing van de individuele mens  tau penyempurnaan tiap orang secara perorangan.
Partai-partai politik di negara-negara barat dikuasai oleh kaum kapitalis sehinnga tujuan politik juga dipengaruhi oleh kepentingan kaum kapitalis.
            Kaum komunis mengatakan bahwa demokrasi mereka adalah yang paling murni,akan teatapi sebenaya tidak demikian.di negara komunis terdapat hanya satu partai,sedang partai lainnya di larang untu berdiri.demokrasai di negara komunis pada hakikatnya hanya dijalankan oleh partai komunis saja.


Wijsgerige Anthropology pada Demokrasi Barat
Manusia menurut demokrasi Barat adalah mahluk tuhan dan asli atau mempunyai hal yang originari.hak-hak manusia yang origunari atau asli inilah yang menjadi tujuan hidup dala demokrasai Barat.Human dignity atau harga  diri manusia harus di hormati.
Dalam demokrasi Timur,di rusia misalnya manusia dianngap sebagai alat atau mesin yang secara otomatis dapat diubah,dididik dan di bentuk agar  kemudian menjadi manusia yang sempurna.demokrasai timur berdasarkan  historis materialisme menurut ajaran Karl Marx.para pemimpin  demokrasi timur (kaum komunis) beraggapan bahwa segala itu adalah salah dan merekalah yang berhak untuk membetulkan keadaan yang salah itu.
Tujuan demokrasi timur ini sama dengan tujuan demokrasi Barat,yaitu menyempurnakan pribadi manusia secara perorangan.yang beda ialah jalan atau cara pelaksanaan dan cara  pandangannya terhadap manusia;demokrasi Barat memandang manusia sebagai manusia merdeka dan mempunyai selbtzweck,sedang demokrasai timur memandang manusia sebagai alat untuk  disempurnakan.
1.Demokrasi Timur beranggapan bahwa untuk mencapai penyempurnaan    manusia haruslah dengan jalan paksaan,dimana manusia dianggap sebagai alat  atau  mesin yang dapat dibuat menurut kehendak pimpinan kaum komunis.dimaksudkan untuk menciptakan  manusia baru dengan cara paksaan dengan keyakinan agar dikemudian hari tiap manusia mendapat kebahagian hidup.
2.Demokrasi Timur menganut paham Marxisme atau wetenschapplijk socialisme;sebagai lawan dari wetwnscnaaelijk socialieme ialah utopistich socialisme.
Demokrasi barat berdasarkan atas relative waarheid atau kebenaran yang relatif,yaitu bukan absolute waarheid atau kebenaran mutlak.
Berlainan dengan Oosterse demokrasi atau demokrasi Timur,yaitu komunisme yang menghendaki persamaan pada tiap orang dalam segala hal,misalnya dalam lapamgam ekonomi,sosial,kebudayaan dan sebagainya.manusia baru dianggap bahagia,jika ia telah memperoleh persamaan dengan sesama manusia.
Yang dimaksud dengan demokrasi tengah ialah fasisme dan nazisme si itali dan jerman pada masa pemerintahan Mussolini dan Hitler.kepal pemerintahan di kedua negara tersenut bertindak sebagai diktator.
Demokrasi Tengah atau fasisme dan nazisme mempnyai pandangan lainlagi terhadap manusia,jugab tujuan berlainan dengan demokrasi Barat dan Timur,Tujuan demikrasi Barat dan Timur bersifat individualistis atau secara perserorangan,yaitu penyempurnaan pribadi manusia perseorangan.
Kesadaran akan kepentingan bangsanya inilah yang menjadi sendi Demokrasi Tengah;jadi dengan ini jelaslah perbedaan antara sendi demokrasi Tengah jika dibandingkan dengan demokrasi Barat dan Timur.yang berlainan ialh tujuannya,yaitu bahwa demokrasi Tengah memandang orang secara perseorangan tidak berarti,yang dipentingkan  bangsa,sedangkan demokrasi Barat dan Timur bertujuan mencapai kesempurnaan manusia secara perseorangan.
Mengenai cara mendidik rakyat dalam demokrasi Tengah,rakyat dididik,dibentuk seolah-olah menjadi man usia baru,sehinnga menjadi sadar guna mementingkan diri sendiri saja.mengabdi kepada bangsa menjadi tujuan tiap orang yang telah sadar menurut demokrasi Tengah.cara yang ditempuh dalam demokrasi Brat denganm tanpa paksaan,yang diutamakan ialah kepentingan diri pribadi,kelemhannya ialah  mengabaikan bangsa sebagai rakyat secra keseluruhan.
Demokrasi sederhana,demokrasi Barat,demokrasi Tengah dan demokrasi Timur masing-masing berdasarkan kedaulatan rakyat dan perwakilan.inilah yang disebut oleh prof.Logemann sebagai mythe abad XIX,mythe abad ini merupakan suatu kepercayaan meskipun tidak dapat dibuktikan dengan nyata,jadi hanya merupakan bekentenis bukan erkentenis.dengan mythos atau kepercayaann ini,orang menjadi yakin,bahwakesempurnaan manusia akan tercapai.   
Di dalam demokrasi tengah rakyat harus tunduk kepada kehendak diktator sebagai eksponen rakyat secara woordloss deken,yaitu boleh berpikir akan tetapi tidak boleh berbicara,berarti harus setuju dengan apa yang dilakukan oleh diktator.dalam hal ini diktator beranggapan bahwa apa yang terkandung dalam hati sanubari rakyat itu dimiliki dan dimengerti untuk dilaksanakan olehnya.
Yang dimaksud dengan guided democracy ialah demikrasi terpimpin tau demokrasi terdidik  ditambah denaganplanning atau rencana-rencana nasional tertentu.dengan guided democracy pemerintah tidak hanya memerintah menurut politiknya sendiri,akan tetapi harus berdasarkan planning nasional yang telah ditetapkan dalam jangka panjang.
George Jellinek mengadakan perbedaan status  atau kedudukan wraga negara terhadap negara sebagai berikut:
1.status positivus menunjukkan hak-hak warga negara untuk  mendapat bantuan dari negara.
2.status negativus menunjukkan negara dilarang mencampuri urusan rakyat.
3.status activus menunjukkan hak-hak warga negara yang diperintah oleh penguasa dala negara,
4.statatus passivus menunjukkan warga negara yang diperintah oleh penguasa dalam negara.
            Demokrasi Barat disebut juga sebagai demokrasi kapitalis,oleh karena:
1.meskipun secara formal ada peraturan tertentu tentang pemilihan umum dengan cara rahasia,tetapi terlihat kenyataan bahwa hasil pemilihan umum itu bukan merupakan cermin kehendak rakyat yang sebenarnya,sebab pada hakikatnya rakyat terpengaruh oleh partai-partai “boss” yang  partai-partai yang berkuasa berpengaruh besar,yang pada umumnya telah menguasai alat-alat siaran dan perhubungan (surat-surat kabar,televisi,radio dan sebagainya)
2.adanya pressure group atau golongan yang dengan memkasa berusaha keras untuk duduk dala pemerintahan,demi kepentingan golongan atau partai yang bersangkutan.
3.kaum lobbysystem,yaitu yang berpengaruh dan mendekati kongres USA,guna mempengaruhi soal-soal tentang perundng-undangan,yaitu tentunya akan menguntungkan golongan sendiri.
            Theoretical  dan applied political science keduanya merupakan politics atau ilmu politik.perhatian terutama ilmu politik ialah power atau kekuasaan.terutama pada abad  pertengahan selalu dipersoalkan tentang satate government power atau neagra pemerintahan kekuasaan,yang di selidiki sedalam-dalamnya.
            Ada perbedaan antara kekuasaan dan kewibawaan.kekuasaan,dalam bahasa asing berati macht atau geweld,didalamnya mengandung arti kekerasan,kewibawaan dalam bahasa asing berarti gezag;ini berati erkende macht atau kekuasaan yang telah diterima dan diakuai.
Menurut  Machiavelli yang dimaksud dengan kekuasaan hanyalah kekusaan politik saja.yang baik ialah jika kekusaan itu dipergunakan untuk tujuan dan maksud-maksud yang baik bagi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar